Kamis, 01 Februari 2018

Tips Menulis ketika Liburan Bersama Keluarga



Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan bagi semua keluarga. Bahkan beberapa keluarga menyiapkannya jauh-jauh hari. Terutama bagi yang ingin melakukan liburan jauh dari rumah. Dari  mulai destinasi, penginapan, transportasi, dan uang saku.
Rehat sejenak dari rutinitas adalah hal yang menyenangkan. Anak-anak pasti senang melihat pemandangan yang indah, tempat-tempat yang jarang dikunjungi, dan bertemu dengan banyak orang. Orangtua pun senang melihat anaknya bergembira.
Bagaimana dengan ibu yang berprofesi sebagai penulis? Bisakah ia menulis sambil liburan? Apakah keluarga tidak protes dengan hal tersebut? Apakah profesionalisme tetap terjaga?
Ada tujuh cara untuk mengatasinya, antara lain:
  1. Membuat Jadwal Menulis

Menulis tidak perlu memangkas waktu liburan. Cukup mengambil waktu 1-2 jam untuk menulis. Hal ini dilakukan agar klien tidak lari dan berpindah ke penulis lain. Ibu tinggal menuliskan jadwal di tempat yang terlihat oleh anak-anak

2. Memberikan Pengertian kepada Keluarga
Berikan pengertian kepada anak. Meskipun ibu menulis, mereka tidak akan kehilangan ibunya. Mereka tetap bisa menikmati liburan. Jelaskan juga alasan ibu tetap mengambil pekerjaan saat liburan.

.      3.  Menulis Ide Tulisan di Buku Catatan
Fungsi dari buku catatan adalah menulis ide yang datang seperti ombak.  Buku catatan juga bisa untuk menulis materi yang akan disampaikan kepada pembaca. Banyak pilihan buku agenda mungil yang bisa digunakan.

4.       4. Usahakan Fokus ketika Menulis.
Billa perlu tinggalkan media sosial untuk sementara. Simpan HP di tempat yang tersembunyi.
Maksimalkan waktu yang ada untuk menulis.

5.       5. Cari Tempat Strategis untuk Menulis
Sambil menunggu di restoran, bisa menulis di HP atau di buku catatan. Ibu bisa menulis juga di meja yang ada di sudut kamar. Ketika anak-anak sudah tidur, ibu juga bisa duduk di taman sambil menulis.

6.       6. Tetap Menulis Sesuai Jadwal.
Terkadang liburan tidak sesuai rencana. Ada banyak kendala di saat liburan. Cara mengakali biar tidak lupa tetapkan jadwal menulis. Misal pukul 08.00-10.00. Usahakan untuk memenuhinya.

7.       7. Pasang Alarm
Beberapa HP ada yang mendukung fitur seperti ini. Tinggal menyetelnya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Mudah bukan? Jadi, jadwal menulis pun tidak akan terlewat lagi.
Demikian tips menulis ketika ibu liburan bersama anak-anak. Mudah bukan?
Karawaci, 26 Januari 2018
#SatuHariSatuKaryaIIDN






0 komentar:

Posting Komentar